KAWASAN
Tamanhuri (Ist/harlam)
09/12/2014 18:02:26
5756

Lampura akan Kembangkan Nangka Mini

Harianlampung.com - Puncak Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Kabupaten Lampung Utara tahun 2014, dipusatkan di Desa Kota Agung, Kecamatan Sungkai Selatan, Selasa (9/12). Kegiatan ini juga untuk menyambut Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon dan Gerakan Perempuan Menanam.

Pada kesempatan itu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengajak masyarakat untuk menanam pohon di setiap pekarangan. Ini akan memberikan dua keuntungan sekaligus bagi masyarakat. Udara segar dan penghasilan tambahan dari komoditas yang ditanam.

"Ke depan akan digerakkan menanam pohon di pekarangan agar bisa memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat. Minimal satu rumah satu pohon. Kita akan bagikan bibit nangka mini," ujar Agung.

Pengembangan tanaman nangka mini, lanjut Bupati, dilakukan pada tahun 2016. Selain bentuknya kecil, hanya sekitar dua meter, dalam waktu dua tahun pohon tersebut sudah berbuah.

Program tersebut dilaksanakan dengan melibatkan ibu-ibu, karena kaum hawa dipandang lebih telaten dalam memelihara tanaman. "Ini kan bisa menjadi ladang usaha bagi masyarakat, hasilnya bisa dijual. Kalau tidak mau menunggu matang, nangka mentah juga bisa dijual untuk dijadikan sayur. Kita prioritaskan perempuan yang menanam sebab mereka lebih telaten," kata dia.


Selain Bupati Agung Ilmu Mangkunegara, kegiatan itu dihadiri anggota DPR Tamanhuri, serta jajaran Forkopimda, camat dan masyarakat Lampung Utara.

Tamanhuri mengatakan, tugas semua pihak menciptakan hutan produktif dan bermanfaat, serta melakukan penghijauan. Program penanaman satu milyar pohon, diharapkan bermanfaat bagi masyarakat.
(def/hnf/mf)