GAGASAN
Habiburokhman
11/5/2018 16:16:00
1604

Surat Terbuka Kepada Saudaraku Gordon

Harianlampung.com - Assalamualaikum Warahmatullohiwabarakatuh

Izinkan saya, Habiburokhman alumni HMI Komisariat Hukum Unila menyampaikan tanggapan terhadap Surat Terbuka Saudaraku Bung Gordon Herosandi yang meminta mundur Ketua KAHMI Kakanda Gunadi Ibrahim terkait kasus Tipikor di Lampung Tengah.


Sebelumnya saya perlu jelaskan bahwa saya dan Bung Gordon adalah rekan satu angkatan di FH 93 Unila, satu angkatan pula LK I, dan (kalau gak salah) satu angkatan juga LK II. Jadi soal ke HMI an sepertinya selama ini kami selalu punya perspektif yang sama.  Namun izinkan saya untuk sedikit berbeda sikap dengan Bung Gordon terkait kasus ini.

Yang Pertama, saya tidak melihat adanya proses tabayun Bung Gordon terkait permasalahan ini terutama kepada Kakanda Gunadi sendiri. Padahal tradisi tabayun itu merupakan salah satu ciri khas kita kader HMI sebelum mengambil kesimpulan dan melakukan tindakan. Surat Bung Gordon tersebut sepertinya hanya dibuat berdasarkan pemberitaan media massa.

Yang Kedua, saya juga bingung dengan logika berpikir Bung Gordon yang seolah mengabaikan azas praduga tak bersalah. Kakanda Gunadi baru disebut menerima sejumlah dana dalam surat dakwaan. Masih ada proses pembuktian di persidangan, tuntutan dari JPU  dan putusan majelis hakim yang harus kita tunggu. Perlu juga digaris-bawahi bahwa kakanda Gunadi bukan penyelenggara negara yang terikat larangan menerima gratifikasi, jadi untuk menyatakan dia bersalah harus ada dua hal yang dibuktikan, pertama adanya penerimaan dana dan kedua konteks penerimaan dana tersebut memang untuk memuluskan tipikor.

Wassalam

Habiburokhman
(ftu)