HUKUM
Napi Lapas Rajabasa.(nti/pin)
02/4/2019 06:53:37
710

Majelis Hakim PN Tanjung Karang Jatuhi Hukuman Mati Napi Rajabasa Ahmad Affan

Harianlampung.com - Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Nirmala Dewita menjatuhkan hukuman mati terhadap narapidana Lapas Raja Basa Ahmad Affan (43) atas penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu sebanyak enam kilogram (kg) di Bandar Lampung.

Terdakwa terbukti secara sah melakukan perbuatan melawan hukum, sebagaimana yang diatur dalam pasal 114  ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU RI no. 35 tahun 2009 tentang narkotika. Pada sidang sebelumnya terdakwa Ahman Affan dituntut hukuman seumur hidup oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Roosman Yusa.

"Atas perbuatannya maka terdakwa  dijatuhkan hukuman  pidana mati," ujar  Nirmala dalam persidangan di Pengadilan Negri Kelas IA Tanjungkarang, Senin (01/4).

Sementara itu, Penasehat Hukum PBH PERADI Pos Bantuan Hukum (Posbakum) PN Kelas IA Tanjungkarang Ahmad Kurniadi, merasa keberatan atas putusan tersebut. "Kami pikir-pikir dulu soal langkah selanjutnya apakah akan banding atau tidak, ini masih  ada waktu 7 hari, kami pikir pikir karena ini menyangkut nyawa orang," katanya.

Terdakwa Ahmad Affan merupakan seorang narapidana di Lapas Kelas IA Bandarlampung. Terdakwa menjalani hukuman di Lapas selama seumur hidup.Ahmad Affan berperan sebagai pengendali narkotika melalui sebuah handphone genggam dari dalam Lapas. Ia saat itu memerintahkan dua anak buahnya untuk membawa sabu-sabu dan ekstasi. Barang tersebut dibawa oleh mereka dan disimpan melalui ban serep. Saat tiba di Gunung Sugih, Lampung Tengah, Provinsi Lampung kedua terdakwa tersebut bertukar ban serep di sebuah bengkel pinggir jalan. Kemudia tidak berselang lama anggota BNNP pun melakukan penangkapan.
(nti/her)