KAWASAN
Penyerahan bantuan bidang perikanan (sulis/polindonetwork)
13/10/2016 16:08:04
216

Sujadi Ajak Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan

Harianlampung.com - Secara statistik, konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Pringsewu setiap tahun terus meningkat.

Pada tahun 2011 tingkat konsumsi ikan di kabupaten ini hanya 18,8 kilogram/kapita/tahun. Sedangkan pada tahun 2015 terjadi lonjakan mencapai 40 persen atau 26,32 kilogram/kapita/ tahun.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pringsewu H.Sujadi pada acara Gerakan Memasyarakatkan Makan lkan (Gemarikan) di Pekon (desa) Keputran, Kecamatan Sukoharjo, Kamis (13/10). Agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari lkan Nasional dan Hari Nusantara tahun 2016.

Menurut Sujadi, jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan nasional, pencapaian Kabupaten Pringsewu masih terbilang rendah. Padahal, tingkat konsumsi ikan sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Ikan merupakan bahan pangan bergizi mengandung omega 3, 6 dan 9 yang sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tubuh manusia, otak dan kecerdasan,“ kata Sujadi.

Dia melanjutkan, pada negara-negara yang tingkat konsumsi ikannya tinggi seperti Jepang yang mencapai 150 kilogram /kapita/tahun, memiliki SDM yang berkualitas dan mumpuni.

Karena itu, konsumsi ikan masyarakat harus terus ditingkatkan. Terlebih Kabupaten Pringsewu dikenal sebagai sentra penghasil ikan air tawar di Provinsi Lampung.

"Tahun 2015, produksi ikan air tawar di Kabupaten Pringsewu mencapai 7.212 ton dari sentra perikanan tawar di Kecamatan Pagelaran,“ ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu H. Sujadi didampingi Ketua Forikan Pringsewu Hj. Nurrohmah menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perikanan.

Kemudian, bantuan budidaya minapadi, serta bantuan hewan ternak kepada sejumlah kelompok tani di kabupaten setempat.
(lis/mnz)