POLITIK
Anggota Bawaslu Iskardo.(nti/pin)
18/4/2019 08:30:40
564

Bawaslu Kaji Ulang Pemungutan Suara Adanya Pelanggaran di Tiga Kabupaten

Harianlampung.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung sedang mengkaji untuk dilakukan pemungutan suara ulang di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Lampung.

Komisioner Bawaslu Lampung Iskardo megatakan bahwa, dalam melakukan pemungutan surat suara ulang ada di beberapa  titik TPS yang menjadi kajian oleh pihaknya yakni di TPS daerah  wilayah Pesisir Barat (Pesibar),Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Lampung Selatan. TPS yang akan melakukan pemungutan surat suara ulang disebabkan adanya indikator pelangaran- pelanggaran.

"Sementara ini data pelanggaran yang kami dapatkan dari sejumlah TPS di lingkup wilayah tersebut, apabila adanya pelanggaran yang terbukti maka TPS wajib untuk melakukan  pemungutan sura ulang," kata Iskardo saat ditemui di Hotel Horison Bandar Lampung, Rabu, (17/4).

Menurutnya, adapun pelanggarannya yang menjadi indikator pemilihan ulang yakni jika pembukaan kotak suara atau berkas Pemungutan dan Penghitungan suara tidak dilakukan menurut tata cara yang ditetapkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, lalu jika petugas KPPS meminta pemilih memberikan tanda khusus, menandatangani, atau menuliskan nama atau, alamat pada surat suara yang sudah digunakan. Petugas KPPS merusak lebih dari satu surat suara yang sudah digunakan oleh Pemilih sehingga surat suara tersebut menjadi tidak sah.Dan, jika di TPS itu ada pemilih yang tidak memiliki KTP-elektronik dan tidak terdaftar di DPT dan DPTb,tandasnya.
(nti/her)