Rabu, 21 November 2018
Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Polisi Purwadi Arianto, M.Si
13/9/2015 20:30:02
584
Pesisir Barat Punya Program Bupati Mengajar


Kunjungan Kagama ke Pulaupisang. (eva/polindonetwork)

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat memiliki cara tersendiri untuk memajukan pendidikan di daerahnya. Selain melakukan kunjungan kerja ke sekolah-sekolah, pejabat bupatinya juga "diprogramkan" untuk menjadi pengajar.

Hal itu ditunjukkan Qudrotul Ikhwan, Penjabat (Pj) Bupati Pesisir Barat, saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pulaupisang pada Sabtu (12/9). Qudrotul menyempatkan diri mengajar di salah satu SMP Negeri di sana.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesisir Barat, Arif Usman, program bupati mengajar hingga kini terus dilakukan. Ini merupakan salah satu bentuk perhatian penjabat bupati terhadap pendidikan di daerahnya. "Para siswa dan guru tentu bangga diajar oleh penjabat bupati," ujarnya.

Bupati mengajar mungkin hanya ada di Pesisir Barat."Itu menunjukkan perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan. Mudah-mudahan dalam program bupati mengajar tersebut dapat dilakukan di sekolah lain di Pesisir Barat," katanya.


Dia mengakui, tidak mudah meluangkan waktu bagi pejabat bupati untuk bisa mengajar di sekolah. Karena itu, saat berkunjung ke Pulaupisang yang juga mengunjungi ke beberapa sekolah dasar negeri, termasuk sekolah peninggalan penjajah Belanda, penjabat bupati hanya mengajar di satu sekolah.

Kunjungan Qudrotul ke Pulaupisang, kata Arif, untuk bertemu dengan Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Lampung.

Pada hari itu, Kagama Lampung sedang di Pulaupisang. Yuli Hartati, pengurus Kagama Lampung yang juga koordinator kegiatan, mengatakan kunjungan ini merupakan agenda rutin organisasinya untuk menjalin silaturahmi antara pengurus dan anggota.

Kegiatan yang diikuti sekitar 95 pengurus dan anggota Kagama itu, kata dia, untuk menjalin silaturahmi di antara pengurus dan anggota, seperti yang dilakukan di Pulaupisang, Kabupaten Pesisir Barat ini.

“Kita sengaja ingin berkunjung ke Pesisir Barat, di mana Pj. Bupati Pesisir Barat merupakan salah seorang pengurus organisasi ini dan sekaligus ingin melihat objek wisata di Pesisir Barat terutama di Pulaupisang," katanya.

Menurut dia, banyak informasi soal wisata di Pesisir Barat yang disiarkan media.  "Ternyata ketika kami menyeberang Teluk Kuala Stabas, kami disambut puluhan ikan lumba-lumba yang mengiringi kami menuju Pulau Pisang. Ini menarik untuk kami yang baru pertama kali ke sini,“ katanya.

Pada kesempatan itu, Qudrotul Ikwan mengaku sengaja mengundang pengurus dan anggota Kagama Lampung untuk dapat mengunjungi Pesisir Barat. Diharapkan yang datang dapat menceritakan petualangan wisata bahari di Pulau Pisang kepada masyarakat Lampung agar tertarik berwisata ke daerah yang kaya wisata pantai dan laut itu.

Selain itu, sengaja mengajak ke Pulau Pisang yang terpencil dengan segala keterbatasan dan sekaligus meminta masukan dari pengurus Kagama Lampung untuk mengembangkan objek-objek wisata di Pesisir Barat, katanya.
(eva/mfn)

  Artikel Terkait
Pesisir Barat: Dari Gunung Hingga Pasir Putih
Bupati Lampung Barat Panen Perdana Padi Mekongga
Pesisir Barat Gelar Konsultasi Publik Susun Tata Ruang
Program Perawat "Home Care" Akan Dihapus
Program Percepatan Perikanan Bermasalah